VISI - MISI

VISI Mandiri, Kreatif berdasarkan Iman dan Takwa MISI * Mendidik anak yang berkebutuhan khusus menjadi insan yang berguna bagi Nusa Bangsa dan Agama. * Mewujudkan pendidikan yang ceria, aktif, kreatif dan inovatif guna menyangsong hari esuk yang lebih cerah. * Melatih anak didik untuk berbudaya bersih, rapi, indah dan bersahaja. * Membentuk pribadi yang terampil, tertib, tekun, dan tegar serta santun dalam pergaulan.

Sekolah Inklusi Sekolah Impian Anak Berkebutuhan Khusus

Sekolah Inklusi Sekolah Impian Anak Berkebutuhan Khusus
<>
Di sebuah sekolah, seorang anak berkebutuhan khusus (ABK) yang memiliki kelebihan dalam membaca Al-Quran, dengan penuh percaya diri menjadi salah satu petugas upacara membaca Al-Quran. Di lain hari, seorang anak berkebutuhan khusus lainnya yang memiliki kelebihan dalam drama, memainkan perannya sebagai seorang tokoh binatang. Di lain kesempatan, anak-anak berkebutuhan khusus dengan penuh kegembiraan belajar bersama di kelas bersama anak-anak lainnya. Bahkan pernah di sebuah ruangan, anak berkebutuhan khusus yang memiliki kelebihan dalam menghafal Al-Quran, melafalkan bacaannya dengan semangat di depan teman-temannya yang kebanyakan belum hafal surat itu. Di sekolah ini semua anak dengan kondisi yang berbeda-beda belajar dengan kekuatan masing-masing. Setiap kelebihan pada anak dimotivasi dan diwadahi dalam berbagai kegiatan sekolah.
Itulah sekelumit suasana di sebuah seolah inklsuis. Sebuah sekolah untuk semua anak. Di sekolah inklusi semua anak berinteraksi dan bersosialisasi dengan teman sebayanya. Sekolah inklusi adalah sebuah sekolah yang memberikan pelayanan pendidikan untuk semua anak tanpa membeda-bedakan kondisnya. Di sekolah inklusi, anak-anak yang berbeda kemampuan dan latar belakang berada dalam kelas yang sama. Untuk beberapa anak yang berkebutuhan khusus akan mendapatkan seorang tutor yang akan membantunya dalam menjalankan kegiatan yang belum bisa mandiri. Di sekolah inu, anak-anak biasa akan belajar berinteraksi yang anak yang berbeda dengan dirinya. Empati anak akan diasah dengan langsung berinteraksi dengan anak berkebutuhan khusus. Semua anak akan melaksanakan kegiatan sekolah yang memang didisain untuk bisa diikuti oleh semua anak. Demikian juga dalam pembelajaran, anak ABK akan memiliki program individual sendiri. Pelajaran yang bisa diikuti akan diikuti dengan target pembelajaran sama dengan anak lainnya. Sementara pelajaran yang belum sampai kemampuannya, guru dan tutor akan membuat program individual (Individual Education Program, IEP)
Ada dua aspek yang dituju oleh pendidikan secara umum, yaitu adapatasi dan kemandirinan. Kedua aspek ini menjadi aspek penting dalam kehidupan anak dalam menghadapi masa depannya. Dan kedua aspek ini bisa diperoleh anak-anak berkebutuhan khusus yang sekolah di sekolah inklusi. Karena di sekolah inklusi, anak ABK akan berada pada lingkungan asli yang bisa mengajarkan dua aspek tersebut.
Ada banyak kelebihan sekolah inklusi untuk anak berkebutuhan khsusus. Pertama, anak akan berinteraksi dalam lingkungan nyata, yaitu lingkungan anak sebayanya. Anak berkebutuhan khusus akan berinteraksi dengan anak-anak lainnya. Dengan demikian anak akan mendapatkan pembelajaran yang sangat berharga yang tidak didapat dengan model sekolah lainnya. Kedua, anak akan memperoleh pengalaman hidup sebagai bekal untukk kehidupannya kelak. Anak-anak ABK yang di masa depannya mau tidak mau akan beinteraksi dengan dunia luar, akan mendapatkan pengalamanan itu di sekolah inklusi. Ketiga, bagi anak lainnya, pengalamanan berinteraksi dengan anak ABK akan mengasah empati dan simpati anak. Keempat, karena banyak teman maka anak ABK akan semakin termotivasi untuk bisa dan berani mencoba seperti yang dilakukan anak biasa lainnya.
Bagi anak berkebutuhan khusus di tingkat sekolah dasar merupakan program untuk menemukan kelebihan dan keterampilan dasar yang menjadi minatnya. Di sekolah dasar ini anak berkebutuhan khusus akan diamati, distimulus dan diberi rangsangan sehingga semua potensinya akan berkembang. Di akhir sekolah, guru dan tutor yang telah mengamati perkembangannya akan menemukan kelebihan dan bakatnya. Dengan penemuan bakat ini, diharapak di sekolah lanjutan nanti, anak akan bisa menemukan kelebihan diri dan menjadikan kelebihan itu sebagai bekal untuk masa depannya. Sehingga anak-anak ABK akan memiliki kemandirian dalam hidupnya. Sehingga, diharapkan pada masa mendatang sang anak sudah memiliki minat khsuus yang akan membantunya menggapai masa depannya.
Dewasa ini anak berkebutuhan khsusus semakin banyak. Untuk itu sekolah model inklusi menjadi sebuah keharusan untuk mewadahi pendidikan mereka. Sehingga anak-anak berkebutuhan khusus mendapatkan pendidikan di sekolah bersama anak-anak lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar anda kami butuhkan guna perbaikan