VISI - MISI

VISI Mandiri, Kreatif berdasarkan Iman dan Takwa MISI * Mendidik anak yang berkebutuhan khusus menjadi insan yang berguna bagi Nusa Bangsa dan Agama. * Mewujudkan pendidikan yang ceria, aktif, kreatif dan inovatif guna menyangsong hari esuk yang lebih cerah. * Melatih anak didik untuk berbudaya bersih, rapi, indah dan bersahaja. * Membentuk pribadi yang terampil, tertib, tekun, dan tegar serta santun dalam pergaulan.

ASPEK MATEMATIKA DAN INSTRUMEN ASSESMEN MATEMATIK

PENGERTIAN
Istilah matematika dalam bahasa Indonesia “matematusis” yang berarti ilmu pasti, jadi matematika adalah ilmu pasti yang merupakan cabang dari ilmu pengetahuan. Menurut kamus besar bahasa Indonesia “matematika adalah ilmu yang mempelajari mengenai bilangan-bilangan”. 
Lerner (dalam Abdurrahman, 1999:217) mengemukakan “bahwa matematika di samping sebagai bahasa simbolis juga merupakan bahasa universal yang memungkinkan manusia memikirkan, mencatat, dan mengkomunikasikan ide mengenai elemen dan kuantitas”.



TUJUAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA
Menurut Holm (2003:1) tujuan pembelajaran matematika adalah : belajar menggunakan matematika sebagai suatu alat untuk menjalani kehidupan sehari-hari, antara lain ; mengerti nilai uang, bisa berbelanja, bisa mengukur, bisa memasak dan membuat kue (maksudnya mulai dari proses membeli bahan, memperkirakan bahan yang digunakan, mengukur, dan sebagainya), mengerti informasi yang diberikan dalam jumlah, persentase, pecahan, bisa menggunakan mata uang asing.

PENGEMBANGAN INSTRUMEN ASSESMEN MATEMATIKA
Untuk mengembangkan Instrumen Asesmen Matematika (berhitung) perlu memperhatikan kurikulum, pemahaman anak terhadap konsep-konsep aritmatika, pada tingkat dasar perlu memperhatikan konsep-konsep dasar matematika.
 


Belajarlah Memerintah Dirimu Sendiri
Orang Yang Bisa memerintah Dirinya Sendiri
Maka Tidaklah Sukar Baginya Untuk Memerintah Orang Lain
Tetapi Bagaimana Ia Akan Dapat Memerintah Orang Lain
Kalau Ia Tidak Sanggup Memerintah Dirinya Sendiri 
(Kong Fu Tse) 

TERIMA KASIH